SaYAp KaNaN Headline Animator

Join with me in PeopleString

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

paydotcom.com

Rabu, 21 April 2010

Muliakan Akhlak, Muliakan Islam

Islam adalah sebuah Din yang mengajarkan tentang kedamaian, keselamatan, kesejahteraan dan kemuliaan kepada manusia. Kedamaian yang diagungkan Islam bukan hanya semata milik umat Muhammad saw. belaka. Lebih dari itu, Islam mengajarkan agar kedamaian, keselamatan dan kasih sayang itu juga dirasakan oleh orang-orang yang tidak menganutnya. Bahkan, kepada lingkungan pun Islam mengajarkan kasih sayang. Kepada tumbuhan, hewan, bahkan kepada benda mati, seorang muslim harus mencurahkan kasih sayangnya.

Ingatkah Kamu bagaimana Rasulullah saw. mengajarkan bagaimana akhlak kepada binatang yang akan disembelih? Ingatlah, bagaimana Rasul mengajarkan agar kita tetap berbuat ihsan – berbuat baik – kepada binatang yang akan kita sembelih sekalipun.

“Allah mewajibkan ihsan dalam segala hal. Maka, apabila Engkau membunuh, bunuhlah dengan baik. Dan apabila menyembelih, sembelihlah dengan baik. Hendaklah kalian menajamkan pisaunya dan menyenangkan hewan sembelihannya (jangan disiksa).” (riwayat Muslim, Abu Daud, At Tarmidzi, An Nasa’I, Ibnu Majah dan Imam Ahmad).
Beginilah sabda Rasulullah saw.

Subhanallah. Sampai sebegitunya Rasulullah saw. mengajarkan akhlak kepada manusia. Bahkan, di saat perang sekalipun, Nabi tetap menerapkan aturan yang mengutamakan akhlak mulia kepada para sahabatnya.

Lihatlah! Apa kata Rasulullah Muhammad saw. saat akan berangkat menuju perang Mu’tah kepada para pasukannya.

“Pergilah dengan nama Allah dan di atas agama Rasulullah. Jangan kalian membunuh orang tua renta, jangan membunuh anak kecil, jangan membunuh ibu yang sedang menyusui, jangan merobohkan bangunan, jangan membakar pohon dan menebang pohon kurma. Tunjukkan sikap ihsan kalian.” (riwayat Abu Daud)

Berbanggalah kita dengan ajaran akhlak Islam yang begitu mulia.

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ

“Dan Tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.”
(QS. Al Anbiya’ [21] : 107)

Allah SWT. Mengutus Rasul-Nya sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta. Menebarkan rahmat, kasih sayang, pada seluruh makhluk. Bukan hanya kepada manusia, namun juga kepada seluruh makhluk Allah SWT. lainnya.

Karenanya, takkan dapat seorang muslim menjadi sosok rahmat bagi alam semesta tanpa akhlak mulia. Kemuliaan akhlaklah yang dapat mewujudkan kasih sayang, kedamaian, kesejahteraan, dan kemuliaan.



Tidak ada komentar: